«

»

Okt 13

Karakteristik Butir Berdasarkan Teori Tes Klasik

Analisis Butir Soal Berdasarkan Teori Tes Klasik

Oleh: Heri Retnawati & Samsul Hadi

Butir baik atau tidak dapat diketahui berdasarkan karakteristiknya. Karakteristik ini berdasarkan tingkat kesulitan butir, daya pembeda, dan keberfungsian distraktor..

Daya pembeda diketahui dengan menghitung proporsi menjawab benar, daya pembeda dihitung dengan korelasi baik biserial, dan keberfungsian distraktor dapat diketahui dengan proporsi yang menjawab pilihan tersebut.

Heri Retnawati & Samsul Hadi mengembangan software sederhana berbasis Excel untuk menganalisis butir, dengan melihat tingkat kesulitan butir, daya pembeda, dan keberfungsian distraktor.

Analisisnya untuk pilihan ganda relatif sederhana, pengguna hanya memasukkan identitas tes, banyaknya pilihan jawaban, kunci, respons/jawaban siswa, nama siswa, no id siswa. Setelah dientrikan, pada sheet yang lain akanĀ  muncul hasil analisis, baik butir maupun peserta tes.

Bagi yang memerlukan silahkan merujuk, tentunya dengan mencantumkan sumbernya.

File analisisnya dapat diunduh di sini: Analisis PG

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>